Jokoyordania's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Potensi Yordania menjadi negara adidaya

Yordania merupakan negara yang baru diakui kemerdekaannya pada tahun 1946, sebelumnya masih bernama Transyordania dan sebutan negara diganti menjadi Yordania di tahun 1949, perlu untuk diketahui bahwa sebelum merdeka, yordania merupakan bagian dari territorial kerajaan Otoman, yang akhirnya berakhir setelah perang dunia satu, wilayah bagian ini sempat menjadi suatu wilayah control dari Perancis dan Inggris dimana bagian wilayah dari sungai Jordan ke arah timur berada di bawah control Inggris sampai ke wilayah palestina di bagian barat sungai Jordan. Di tahun 1947, voting yang telah dilakukan PBB menghasilkan persetujuan untuk membelah Palestina menjadi dua ke dalam sebuah negara Yahudi dan sebuah negara Arab serta menginternasionalisasikan kota bersejarah Yerusalem, tetapi rencana itu di tolak oleh negara-negara Arab di kawasan regional timur tengah.

Potensi Negara:

perkembangan yordania di dalam dunia pendidikan sangat signifikan di beberapa dekade, walaupun telah banyak dipengaruhi oleh ribuan para pengungsi yang datang dan banyaknya pengeluaran anggaran yang sangat besar dalam bidang militer. Pendidikan gratis untuk masyarakat yang masih berumur 6 sampai 15 tahun. Di tahap kedua sekitar 85 % anak laki-laki dan 87% anak perempuan telah merasakan bangku sekolahan. Sedangkan 92% dari populasi orang-orang yang telah berumur 15 tahun atau lebih, telah pandai membaca dan menulis di tahun 2005. Dan sekitar 33% para pelajar laki-laki dan 37 persent perempuan, melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi.

Secara ideologi negara yordania menganut ideologi Islam, hal ini didukung dengan mayoritas negara berpenduduk Islam dengan jumlah penduduk rata-rata mencapai 6.053.193 pada tahun 2007. Harapan hidup masyarakat Yordania dapat mencapai umur 78,5 tahun. Secara ekonomi, Yordania memiliki pendapatan GDP mencapai 13 miliyar dollar pada tahun 2005, untuk jumlah pekerja mencapai 1.843.594 orang di tahun 2005. Di bidang agrikultur yordania kurang begitu baik ditandai ketika Yordania kehilangan wilayah “West Bank” yang diambil oleh Israel pada saat perang di tahun 1967, tetapi petani yordania juga menanam tembakau, beternak Kambing, domba dan ayam. Pendapatan di bidang pertambangan mencapai 2 miliar metric Ton produksi Phosphate di tahun 2004.

Secara Militer Yordania memiliki kekuatan angkatan bersenjata sekitar 85.000 orang, angkatan udara yang berjumlah 15000 dan angkatan laut sekitar 500 orang di tahun 2004.

Secara sejarah: pada akhir abad ke empat, wilayah yang saat ini disebut dengan Yordania berada dibawah kekuasaan kerajaan Byzantin (kerajaan timur Roma). Pasukan muslim Arab pada abad ke 7 akhirnya memenangkan pertempuran dengan kerajaan Roma yang sekarang disebut juga Jordan. Di abad selanjutnya diikuti perang salib wilayah Jordan akhirnya berada dalam pemerintahan kristiani. Sejak 1517 sampai dengan 1918 Yordania berada dibawah pengaturan kerajaan Turki Otoman yang dulu terkenal sangat kuat.

Secara diplomasi Yordania dapat mengimplementasikan kepentingannya dengan baik untuk memperkuat sistem keamanan nya, atau pun kerjasama di bidang ekonomi. Contohnya ketika Raja Husein terbang ke Kairo pada tahun 1967 bertemu dengan Raja Nasser untuk menyepakati kerjasama di bidang pertahanan, yang pada waktu itu untuk memperkuat hubungan yang terjadi di negara-negara Arab dalam memerangi Israel.

Potensi menjadi Negara Adidaya di kawasan

Yordania memiliki Potensi untuk menjadi negara Adidaya di kawasan Asia barat daya karena apabila dibandingkan dengan negara arab dikawasan ini seperti Kuwait, Yordania memiliki luas wilayah yang lebih besar meskipun dengan Irak tidak, tetapi apabila dibandingkan dengan Irak yordania memiliki gaya politik luar negeri yang lebih netral untuk menjalin hubungan dengan negara-negara barat seperti AS. Apabila dibandingkan dengan negara Arab yang memiliki sumber penghasilan minyak yang sangat banyak, yordania mampu meningkatkan hubungan kerjasama dengan negara Arab tersebut untuk lebih menguntungkan Yordania. Hal diatas dapat terjadi karena faktor wilayah negara Yordania yang berbatasan langsung dengan negara Israel, yang artinya setiap tindakan Yordania yang berkaitan dengan Israel dapat juga berpengaruh terhadap negara-negara arab di kawasan.

Potensi Yordania menjadi negara adidaya di Dunia.

Dengan memiliki penduduk yang mayoritas adalah muslim, dapat menjadi suatu modal awal bagi Yordania untuk menyatukan negara-negara arab sebagai kekuatan muslim, yang akhirnya dapat merangkul negara-negara islam atau negara yang mayoritas islam untuk membentuk suatu pemerintahan Islam dunia. Selain itu Yordania apabila dapat meningkatkan hubungan dekat dengan Israel maka Yordania pun akan didukung secara langsung oleh Amerika Serikat yang saat ini menjadi negara adidaya di dunia. Artinya kekuatan diplomasi yordania dapat menjadi modal utama dalam menjadi negara Adidaya. Selain itu secara sejarah, pasukan-pasukan yordania terkenal sangat kuat dan dimungkinkan untuk mengembalikan kekuatan pasukan tersebut saat ini.

Langkah-langkah menuju negara adidaya:

1. Mengembangkan penguasaan pendidikan teknologi, bila perlu menguasai teknologi nuklir yang saat ini menjadi salah satu isu-isu global.

2. Menjaga hubungan baik dengan negara adidaya saat ini yaitu Amerika Serikat, berharap akan mendapat bantuan transfer modal dan ekonomi serta transfer teknologi.

3. Mengadakan hubungan baik dengan negara-negara di kawasan terutama negara-negara arab pengekspor minyak.

2 Tanggapan to “Potensi Yordania menjadi negara adidaya”

  1. dedekusn said

    Info menarik, thanks

  2. ali khosim said

    thank.. diulas secara detil tentang sistem hukum dan peradilan yg ada di yordania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: