Jokoyordania's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Jawaban Ujian Akhir Semester

Nama : Joko Arifiyanto

Nim : 44304074_HI-2

Mata Kuliah : ICT

Kelompok Kawasan : Asia barat daya

Nama negara : Yordania (Jordan); Jokoyordania.wordpress.com

1.

Kapabilitas Politik Negara

Paham yang dianut

Uraian

Keterangan

Ideologi

Ideologi Islam

Ideologi Islam lahir berdasar akidah Islam.

Bentuk negara Yordania yaitu kerajaan Konstitusional dengan kepala negara saat ini adalah Raja Abdullah II dan perdana menteri Marouf al Bakhit.

Ekonomi dan Teknologi

Ekonomi pasar atau bebas

Perkembangan ekonomi Yordania masih dianggap sebagai negara berkembang dengan penguasaan teknologi yang cukup baik khususnya di bidang militer.

Gross Domestic Produk pada tahun 2005 sebesar 12,7 milyar dolar Amerika, dengan pendapatan perkapita sebesar 2,322.80 dollar pada tahun 2005, jumlah tenaga kerja sebesar 1,843,594 (2005), dengan mata uang Dinar Yordania (JD). Teknologi yang di kuasai termasuk baik ditandai dengan pembangunan sector-sektor Industri serta pemasangan jaringan internet.

Demografi

Populasi di Yordania hampir seluruhnya merupakan etnis Arab, etnis minoritas lainnya yaitu orang-orang sirkasia dan orang-orang Armenia masing-masing 1 persen dari jumlah total populasi.

Populasi berkembang pesat ketika adanya arus pengungsi palestina yang membanjiri yordania ketika terjadi perang Arab-Israel di tahun 1948-1949. Saat ini sekitar 79 persen hidup di daerah perkotaan, terdapat masyarakat nomaden dan seminomaden yang mencapai 5 persen dari populasi,

Militer

Raja Jordan merupakan panglima perang dari seluruh angkatan bersenjata.

Pada tahun 2004 pasukannya terdiri atas 85,000 prajurit, 15,000 angkatan udara, dan angkatan laut yang berjumlah kurang lebih 500 pasukan.

Geografi

Berbatasan langsung dengan Israel di barat, Siria di utara, Iraq di timur dan Arab Saudi di timur selatan.

Luas Wilayah 89,556 Km persegi, dengan titik dataran tinggi yaitu Jabal Ramm dengan tinggi 1,754 meter dan titik dataran rendah yaitu Laut Mati 408 meter dibawah permukaan laut.

Diplomasi

Secara tradisional Yordania memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris.

Yordania secara berangsur-angsur berusaha mengembalikan hubungan baik dengan negara-negara barat melalui partisipasinya untuk ikut serta menjadi bagian dari usaha menciptakan perdamaian di timur tengah dan pelaksanaan atas persetujuan sanksi PBB yang dikenakan terhadap Irak.
Yordania telah menandatangani suatu perjanjian dengan Israel sebagai negara yang sedang tidak berperang (Deklarasi Washington) di Washington, DC, sebelumnya tanggal 25 juli 1994 King Hussein dan Yitzahak Rabin telah menegosiasikan pakta perjanjian ini.

Sejarah Interaksi Internasional

Selama kurang lebih 46 tahun sempat bersitegang dangan Israel, dan yordania mempererat hubungan dengan negara-negara arab lainnya.

Interaksi Yordania di kawasan asia barat daya khususnya dengan negara tetangganya memiliki perjalanan yang cukup unik, dimana suatu saat yordania menjaga hubungannya dengan Syria yang dianggap langsung berbatasan dengan negaranya, di lain waktu Yordania mendukung Irak yang tengah berperang melawan Iran di tahun 1980-an yang sempat menciptakan ketegangan antara Yordania dengan pemerintah Syiria yang pro Iran pada saat itu. Yordania juga merupakan negara yang selalu memperkuat hubungannya dengan Negara-negara Arab terbukti dengan adanya kerjasama pertahanan dengan Mesir di tahun 1967. Interaksi Yordania dengan Negara-negara barat sempat memburuk pada saat terjadi perang enam hari pada 5 juni 1967, paska peperangan Yordania berusaha memperbaiki hubungannya kembali dengan Negara-negara barat.

Keterlibatan dalam Perang

Yordania pernah terlibat perang dalam melawan Israel secara langsung, yaitu dalam perang Arab-Israel atau dikenal juga perang enam hari “Six Day War” yang dimulai pada Juni tahun 1967. Perang ini terdiri dari Israel yang melawan negara-negara arab  Anti Israel yaitu Mesir, Yordania, serta Suriah.

Penyebab perang enam hari yaitu ditahun sebelum perang enam hari, Negara-negara Arab secara terus-menerus menolak untuk mengakui keberadaan negara yahudi, dan dipimpin oleh seorang nasionalis Arab Nasser terus menyerukan untuk menghancurkan Israel. Mesir dan Yordania terus mendukung para “Fedayeen” (pejuang) Palestina, yang menyerang prajurit Israel dan penduduk sipil di wilayah Israel, yang kemudian mundur sampai wilayah kontrol-Mesir atas jalur Gaza atau kontrol-Yordania atas wilayah “West Bank” hasil daripada anexsasi Yordania di wilayah tersebut. Pada tahun 1948-1949 Yordania yang saat itu masih dikenal sebagai Transyordan bersama dengan negara arab lainnya sempat terlibat perang dengan Israel.

Keterlibatan dalam Perjanjian Internasional

Treaty Perdamaian Israel-Jordan = deklarasi ini menyatakan bahwa Israel dan Yordania akan akan membangun negosiasi-negosiasi baru demi mengakhiri secara resmi permusuhan yang telah terjadi selama kurang lebih 46 tahun yang telah menciptakan pertumpahan darah dan dukacita diantara kedua negara dengan adil, kekal dan damai. Perjanjian ini menyatakan kedua negara sebagai negara yang sedang tidak berperang yang ditandatangani pada tanggal 25 juli 1994. Perjanjian ini dilakukan oleh raja Husein, perdana menteri Yordania Abdul-Salam al-Majali dan perdana menteri Israel Yitzhak Rabin serta disaksikan oleh presiden Amerika Serikat Bill Clinton. http://www.Wikipedia.com

Perjanjian antara Uni Eropa-Yordania: merupakan perjanjian kerjasama yang ditandatangani pada 24 November 1997 dan diratifikasi oleh parlemen yordania pada September 1999. Maksud diadakannya Perjanjian ini adalah untuk membentuk sebuah kawasan perdagangan bebas yang diharapkan terbentuk pada tahun 2010 dan membangun sebuah kerangka kerjasama secara komperehensif baik di bidang politik, ekonomi dan perbankan, serta social budaya. Secara ekonomi Yordania akan merasakan transfer teknologi dari eropa dan penghapusan hambatan tarif, investasi negara-negara eropa di yordania akan sangat menguntungkan negara Yordania. (http://www.mfa.gov.jo/index.php)

Perjanjian Perdagangan Bebas antara Amerika Serikat dan Yordania Tuan agung Raja Abdullah II dan mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton telah menyaksikan suatu sejarah sebuah penandatanganan perjanjian perdagangan bebas. Pada 28 September 2001 diikuti dengan kunjungan tuan agung Abdullah ke Washington, AS. Presiden George W. Bush menandatangani dan mensahkan secara hukum kerjasama Free Trade Agrement antara AS-Yordania. Dan perjanjian ini mulai berlaku pada 17 December 2001. (http://www.mfa.gov.jo/index.php))

2. Resume Weekly News:

a. Uraian keadaan Yordania berdasarkan berita mingguan:

Kondisi dalam negeri Yordania khusunya wilayah Karak merupakan salah satu wilayah yang tertinggal secara ekonomi maupun pendidikan, hal ini ditanggapi dengan adanya kunjungan Raja Abddulah II ke wilayah ini berikut intruksi untuk pemerintah administrative Karak untuk mulai menjalankan program pembangunan dengan pemberian alokasi dana sebesar 6 miliar Dinar Yordania, dimana program ini bertujuan untuk memberikan bantuan bagi masyarakatnya yang masih dalam taraf kemiskinan serta pembukaan lapangan pekerjaan dan proyek-proyek pembangunan jangka panjang. Selain itu festifal Jerash yang terkenal kembali dibatalkan oleh pemerintah Yordania melalui Menteri kebudayaan Nancy Baker karena terjadinya perluasan eskalasi konflik dan krisis kemanusiaan di Lebanon.

Untuk diplomasi Yordania, mengikuti adanya upaya-upaya dunia dalam proses perdamaian di timur tengah menyangkut persiapan wilayah Palestina yang tersisa dalam menjadi negara yang berdaulat, dalam kunjungannya ke Inggris Raja Abdullah sempat memperingatkan kebijakan yang dibuat oleh Israel dihadapan perdana menteri Inggris Gordon Brown, yang dianggapnya masih merugikan bangsa palestina. Yordania juga terlihat melakukan peningkatan hubungan kerjasama dengan negara-negara di dunia, seperti yang dilakukan oleh Raja Abdullah pada hari selasa 13 mei yang berdiskusi dengan sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei untuk lebih mempererat hubungan bilateral dan lebih memperhatikan perkembangan dunia islam lalu Menteri pendidikan Yordania Tayseer Nueimi bertemu dengan seorang ahli dari Bahraine Majid Al Nuemi serta didampingi beberapa delegasi, dalam lebih meningkatkan hubungan kerjasama dalam bidang pertukaran ahli dan pelajar antar kedua Negara.

b. Peningkatan kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah Yordania terhadap negara-negara didunia maupun organisasi internasional merupakan upaya didalam pengembangan kapabilitas negaranya yang dapat dikatakan sebagai sebuah negara yang masih berkembang, dibuktikan dengan wilayah distrik Karak yang tertinggal baik secara ekonomi maupun pendidikan. Selain itu peringatan yang dinyatakan Raja Abdullah terhadap kebijakan Israel di hadapan Perdana Menteri Inggris merupakan salah satu sikap yang cukup berani, karena Yordania dengan ideologinya yang islam dan mayoritas populasi masyrakatnya memeluk agama Islam juga dibarengi dengan diplomasi yang kuat terhadap negara-negara arab lainnya yang tentu saja mendukung perjuangan bangsa palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan dalam rangka menciptakan suatu kawasan damai timur tengah.

3. Pembandingan dengan negara-negara dikawasan Asia Barat Daya.

Yordania di kawasan Asia barat daya jika dibandingkan dengan negara-negara dikawasan seperti Kuwait, Yordania memiliki luas wilayah yang lebih besar meskipun dengan Irak tidak, tetapi apabila dibandingkan dengan Irak, yordania memiliki gaya politik luar negeri yang lebih netral untuk menjalin hubungan dengan negara-negara barat seperti AS, sedangkan Irak telah menjadi target serangan preemptive strike oleh AS karena telah dianggap sebagai negara yang memproduksi nuklir dan melawan kepentingan AS. Apabila dibandingkan dengan negara Arab Saudi dimana negara ini memiliki sumber penghasilan minyak yang sangat banyak serta gaya diplomasi yang juga sama seperti Yordania yaitu lebih menjaga hubungan yang baik dengan negara barat, Yordania dapat dikatakan masih merupakan negara yang tertinggal di kawasan. Tetapi apabila dibandingkan dengan Israel terutama dari segi kultur, sejarah dan keyakinan, Yordania memiliki keuntungan sebagai negara yang mendapatkan dukungan dengan negara-negara Islam lainnyadi dalam mengecam keberadaan Israel di wilayah bangsa palestina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: